5 Cara Branding Bisnis Kamu ! Simpel dan Murah.

Dewasa ini, hampir setengah dari populasi masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan teknologi internet. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna internet pada tahun 2018 sebanyak 95,2 juta jiwa dan diproyeksikan pada tahun 2019, jumlah pengguna internet bertambah menjadi 107,2 juta pengguna. Bersamaan semakin menigkatnya antar jumlah pengguna internet tiap tahun dan revolusi  industri 4.0 yang tengah marak diperbincangkan di Indonesia, hal ini menjadi peluang yang besar bagi siapa saja untuk dapat memulai bisnis. Bisnis ini dapat berupa bisnis offline dan juga bisnis online. Namun, berkaca dari semakin ketatnya kompetisi antara pesaing bisnis, maka saat ini tuntutan untuk melakukan bisnis secara online terbuka lebar bagi seluruh pelaku bisnis.

Bisnis online pun di Indonesia bukanlah hal baru, namun melihat perkembangan dan keuntungan yang cukup menjanjikan, maka pilihan untuk terjun pada dunia bisnis online ialah hal yang baik. Dalam menggeluti bidang bisnis online inipun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis, yaitu produk yang dipasarkan, target pasar, rantai pasok produk, ekspedisi pengiriman hingga cara branding bisnis kepada pelanggan. Ibarat kata, branding  merupakan senjata utama pebisnis dalam bersaing menjajakkan produk. Branding sendiri merupakan salah satu praktik marketing yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat perusahaan tersebut mudah dikenali. Manfaat branding bagi pelaku bisnis antara lain :

Pernahkah anda memperhatikan keripik singkong yang dijual di pinggir jalan dengan keripik singkong yang di jual di Mall? Mana lebih menarik untuk dibeli? Tentunya yang dijual di mall kan?
Kenapa? Karena mereka sudah menerapkan branding produk, baik dari segi kemasan, merek, gambar serta logo yang catchy. Dengan adanya penambahan branding tersebut, maka menjadi hal yang wajar jika keripik singkong yang dijual di Mall memiliki harga yang lebih mahal dibanding yang dijual dipinggir jalan. Padahal jika mungkin ditelusuri lebih dalam mungkin modal dan kualitas jenis singkongnya bisa saja sama. Tapi kita akan merasa lebih puas membeli keripik singkong dengan branding yang baik walaupun merogoh kocek yang lumayan. Disinilah peran branding meningkatkan nilai tambah produk

Berbisnis atau berjualan tidak hanya sekadar proses menjual atau membeli barang saja, tetapi melainkan juga merajut kepercayaan antara pelanggan dengan pebisnis. Tujuannya adalah agar proses bisnis terjadi secara berkelanjutan dan terus menerus. Oleh karena itu perusahaan/pebisnis sangat perlu untuk memiliki tampilan profesional dan mampu ‘menjual’ diri dengan baik kepada pelanggan. Proses penjualan diri inilah peran branding. Oleh karenanya branding yang baik berbanding lurus dengan peningkatan kepercayaan pasar.

Dengan branding yang baik, maka tentu hal ini akan sangat membantu promosi bisnis. Bagaimana tidak? Karena dengan branding yang baik mampu meningkatkan kepercayaan pasaar seperti dijelaskan diatas, alhasil pebisnis/ perusahaan secara tidak langsung menciptakan agen-agen marketing di kalangan masyarakat. Para pelanggan secara tidak langsung akan menyebarkan kebaikan bisnis anda dengan promosi mouth to mouth ataupun penyebaran lewat sosial media.Nah, hal ini lah yang sangat menguntungkan perusahaan, karena dengan adanya agen marketing ini perusahaan bisa saja memangkas anggaran untuk perikalnan dan kegiatan promosi bisnis lainnya.

Your brand is built to be a true representation of who you are as a business, and how you wish to be perceived

brandingmag.com

Berdasarkan ulasan manfaat diatas, maka kita mengetahui bahwa branding memiliki kedudukan penting dalam peningkatan jumlah pelanggan pada bisnis yang ditekuni. Maka dari itu, untuk membentuk branding yang baik, terdapat 5 hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Pada ulasan ini, saya akan memberi rekomendasi tools apa saja yang dapat membantu branding bisnis tanpa mengeluarkan biaya mahal alias murceeee atau murah cekali, olej karena itu sangat cocok bagi para pebisnis pemula.

sumber gambar :deadondesign.com

Logo merupakan salah satu komponen yang menggambarkan identifikasi merek yang diusung oleh perusahaan/ pebisnis. Logo ini merupakan wajah dari perusahaan sehigga menjadi sebuah urgensi tersendiri untuk tiap pebisnis memiliki logo. Apalagi mengingat bahwa kemampuan manusia untuk mengingat sebuah gambar atau simbol lebih mudah daripada mengingat penjelasan atau uraian yang cukup panjang. Bahkan tidak jarang beberapa pelanggan atau konsumen yang membeli sebuah produk atau simbol karena mereka mengingat simbol atau gambar yang tertera pada kemasan. Sebaiknya logo yang diciptakan ialah logo yang simple namun mudah di ingat. Contohnya saja logo-logo dari mobil di dunia. Logo mercedez, Toyota, Mitsubishi dan Nissan sangat mudah dikenali karena desain yang simple dan unik mudah untuk di ingat.

Saat ini, hampir 25 % penduduk dewasa dunia menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari. Jutaan pengguna aktif, sosial media menjadi media yang sangat potensial untuk mendapatkan pelanggan bagi sebuah bisnis online. Salah satu yang paling harus dipelajari hingga saat ini adalah branding produk demi mengenalkan barang maupun jasa yang disediakan. Ada ratusaan aplikasi sosial media yang tersedian dan siap diunduh oleh pengguna internet. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, menciptakan branding di sosial media sangatlah penting agar orang lebih mengenal jauh bisnis yang kita jalankan. Pada sosia media ini juga kita bisa membangun company profile bisnis kita sehingga terlihat lebih mudah untuk dikenali dan diketahui oleh pelanggan terlebih mitra kerja yang ingin berkolaborasi dengan kita.
Setiap sosial media memiliki kriteria dan tipe yang berbeda dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, kita dapat membangun branding perusahaan dengan cara yang berbeda bisa disesuaikan dengan demografi sosial media yang akan digunakan atau dengan kata lain memperhatikan pasar pembaca pada sosia media bisnis.

Salah satu kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk meyakinkan calon konsumen baru adalah dengan mencatumkan testimonial pelanggan di halaman websire atau market place yang kita miliki sebab manusia tingkat kepercayaan manusia biasanya akan meningkat jika telah di buktikan atau dicoba baik orang lain maupun diri sendiri. Testiomonial adalah salah satu pesan pemasaran dan penguat merek paling kuat yang dapat menambah kredibilitas bisnis atau perusahaan dengan menggunakan hasil pendapat orang lain terkait produk/jasa yang di tawarkan.
Testimoni ini bisa mengulas kelebihan dan kelemahan dari produk, proses pengiriman, hinggga perusahaan itu sendiri. Ulasan inilah yang menjadi salah satu poin penting pertimbangan untuk memutuskan berbisnis lebih lanjut atau tidak. Oleh karena itu sangat penting untuk menghasilkan testimoni positif dari konsumen. Dengan begitu maka kita harus memastikan produk/jasa yang kita tawarkan benar terjaga kualitasnya untuk mendapatkan testimoni yang baik. Untuk memperkuat argumen testimoni ini, maka pebisnis biasanya meminta testimoni dari ahli dan public figure.

Slogan/tagline juga tidak kalah penting dalam branding bisnis. Slogan merupakan salah satu elemen yang mampu memudahkan calon pelanggan untuk mengenali atau mengingatkan kepada sebuah brand produk atau bisnis. Contohnya seperti ini, menyelesaikan masalah tanpa masalah . Kalau mendengar slogan perusahaan tersebut tentu kita langsung ingat Pegadaian bukan? jika Iya, berarti Pegadaian berhasil membuat slogan yang earcatchy / mudah didengar dan diingat. Dengan mendengar slogan tersebut, kita pasti bisa secara tidak langsung mengingat jasa-jasa apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, seperti peminjaman dan penjualan emas. Hal tersebutlah bukti bahwa slogan dapat membantu branding sekaligus promosi perusahaan. Dalam membuat slogan sebaiknya dipilih kalimat yang singkat, simpel, mudah diingat dan menggambarkan produk serta kelebihan bisnis yang ditawarkan.

Terakhir dan paling penting adalah penggunaan email profesional.
Email profesional atau biasa disebut dengan email hosting adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan nama domain sendiri.
Jika biasanya menggunakan email gratis, tentu email kita masing-masing akan diikuti domain gratis yang kita daftarkan, seperti adiwijaya@gmail.com.Berdasarkan contoh email diatas, kita tidak mengetahui pasti siapa pengirim, dan cenderung mengabaikan pesannya pada kotak masuk jika kita tidak mengetahui siapa pengirimnya.Sementara jika menggunakan email professional, kita dapat menambahkan email kita dengan domain sendiri. Sebagai contoh adiwijaya@adikarya.com. Dengan melirik email tersebut maka kita dapat memprediksi bahwa pengirim berasal dari bisnis/perusahaan Adikarya.

Lalu, seberapa besar sebenarnya manfaat penggunaan email professional ini, mengapa dikatakan sangat penting?
Baik, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai email profesional akan saya jabarkan beberapa keunggulan perusahaan/bisnis kita jika menggunakan email profesional.

#1. Terlihat Lebih Profesional
Seperti namanya, email professional membuat bisnis yang kita kelola terlihat lebih professional. Dan tentunya penggunaan email professional ini akan meningkatkan kepercayaan lebih dari pelanggan terhadap bisnis yang dikelola. Selain itu email ini juga tentu meningkatkan kepercayaan dari mitra kerja yang berbisnis dengan kita. Dengan penggunaan email professional ini maka wajah perusahaan/bisnis yang dikelola menjadi lebih cerah daripada yang tidak menggunakan email professional.

#2. Mempermudah Komunikasi dan Berbagi Data dengan Karyawan
Penggunaan email professional biasanya digunakan tidak hanya oleh bagian marketing perusahaan melainkan juga seluruh karyawan perusahaan. Dengan menggunakan email professional bersama-sama tentunya aakn mempermudah sesame karyawan untuk berkomunikasi formal terkait pekerjaannya. Tidak hanya itu bagi mereka yang juga menggunakan email profesionan untuk keperluan berbagi data akan semakin lebih gampang dan terstruktur.

#3. Pirivasi atau Rahasia Bisnis Lebih Terjaga
Melihat persaingan bisnis yang sangat kompetitif, tentunya tidak menutup kemungkinan antara pebisnis satu dan lainnya saling ingin tahu dapur saingannya oleh karena itu keamanan merupakan salah satu hal yang dilewatkan begitu saja.
Hal inilah yang menyebabkan perusahaan besar menggunakan alamat email profesional dengan nama domain sendiri serta menggunakan layanan hosting yang terpercaya walaupun harus membayar yang lumayan mahal untuk ukuran perusahaan besar. Tujuannya adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perusahan atau merugikan perusahaan. Selain itu email ini juga mampu membackup  data email yang telah ada di penyimpanan sehingga menjadi sangat aman.

#4. Terbebas dari Iklan dan Spam
Saat kita menggunakan email gratisan, pasti akun email tersebut tidak dapat terbebas dari iklan, karena kita membayar email yang kita gunakan lewat iklan. Sementara jika kita menggunakan email professional, maka pesan yang masuk akan disaring terlebih dahulu sehingga tidak ada iklan dan spam yang masuk ke email kita.

#5. Kepasitas Penyimpanan Email yang Lebih Besar
Kapasitas email gratisan yang biasa kita miliki seperti gmail dan yahoo itu memiliki kapasitas maksimal batas penyimpanan data, sehingga saat data perusahaan kita sudah banyak, hal tersebut akan mengganggu kinerja pemasaran bisnis.
Sedangkan untuk email profesional kita dapat dengan leluasa mengelola dan mengatur sendiri kapasitas penyimpanan email dan ditambah juga dengan spesifikasi dari penyedia layanan hostingnya yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan email hosting kita.

#6. Kecepatan email
Kecepatan traffic email juga menjadi salah satu pertimbangan yang tidak bisa dileatkan dalam memilih hosting email professional. Kecepatan hosting yang dinginkan ialah hosting yang cepat, stabil dan berkualitas.

Berbicara mengenai email professional diatas, sekarang ini ada banyak sekali situs website yang menawarkan jasa pembuatan email professional, namun penyedia jasa layanan yang murah, cepat, stabil dan terpercaya hanyalah jasa layanan dari rumahweb.com. Saya menyarankan rumahweb.com dikarenakan keunggulannya dala menyediakan layanan hosting dan website seperti dibawah ini. Menilik berbagai keunggulan yang telah dipaparkan pada infografis diatas, maka mari kita ulas lagi bagaimana rumahweb.com mampu menyediakan email professional bagi para pelanggan.

Pada pelayanan email dan kolaborasi, ada 3 layanan email professional yang disediakan oleh rumahweb.com:

Paket google suite memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan mulai 30 GB untuk paket basic hingga unlimited storage untuk paket bussines. Pada layanan google suite ini pada kedua paket diberikan email bisnis dengan nama domain sendiri, video dan voice conferencing, smart shared Calendar, Documents, spreadsheets, dan presentasi, Dukungan pelanggan 24/7 jam lewat telepon & email, Security dan kontrol admin.
Salah satu kelebihan dari G Suite adalah dapat menggunakan produk Google lainnya secara bersamaan dan saling terhubung seperti Google Docs, Excels, hingga aplikasi presentasi lainnya.

Selain google suite, rumahweb.com juga menawarkan layanan email professional yang lebih murah dan terjangkau,  yakni flockmail. Layanan flockmail ini  menawarkan email dan tools dengan kapasitas dari 10 GB hingga 30 GB. Pada layanan flockmail ditawarkan juga 2 paket yaitu paket professional dan premium. Dimana pada masing-masing paket bisa diakses pada IOS dan juga androind, tersedia webmail, POP, IMAP, videocall, kontak, kalender dan antivirus. Pembedanya hanyalah kapasitas email dan jumlah partisipan pada videocal.  Paket profesonal hanya tersedia kapasaitas email 10 GB dengan jumlah partisipan videocall 8 orang, sementara untuk paket premium tersedia kapasitas email 30 GB dengan jumlah partisipan videocall sebanyak 10 orang.

Dewasa ini email tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja melainkan juga untuk penyimpanan.  Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan tersebut, rumahweb.com juga memberikan pilihan fitur Alibabamail yang menyediakan kapasitas email hingga 1 TB. Sementara layanan lainnya mirip dengan layanan email yang disediakan oleh flockmail. Selain email dengan mailbox berukuran besar, Alibaba Mail hadir lengkap dengan fitur kolaborasi yang dibutuhkan perusahaan untuk bekerja dengan lebih efisien.

Selain beberapa keunggulan diatas, Alibaba Mail juga memiliki fitur yang baru dan mudah untuk dioperasikan agar kinerja bisnis serta perusahaan lebih cepat dan efisien. Simak lagi yuk fitur apa saja yang ditawarkan.

Webmail yang Lebih Cerdas
Percakapan pada subject yang sama akan dijadikan satu thread untuk dikelompokkan agar mudah dibaca.

.

Time Management dengan Calendar
Tersedia juga fitur kalender yang berfungsi untuk memasukkan jadwal penting dan mengirimkan undangan lebih teratur.

Address Book Individu & Perusahaan
Setiap individu memiliki kontak masing-masing, sehingga memudahkan komunikasi dan lebih terstruktur.

Task – tak ada lagi tugas terlewat
Dengan ada fitur task, maka pekerjaan akan diintegrasikan ke email sehingga memberi kemudahan memberi kerja dan kerjasama antar leader dan anggota tim

File Sharing dengan Drive
Drive memungkinkan Anda untuk berbagi file pada sesama anggota tim maupun ke pihak lain seperti pelanggan dengan permission yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan kapasitas hingga 10GB, Anda dapat berbagi file dengan lebih leluasa

Nah, itu dia beberapa tips membranding bisnis/perusahaan beserta pentingnya penggunaan email professional dalam branding itu sendiri. Untuk pemilihan jasa hosting nya, tidak perlu diragukan lagi rumahweb.com merupakan opsi yang tepat. Ayo sama-sama branding bisnis kita dengan cara yang tepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s